Senin, 26 Oktober 2009

MS PowerPoint

  • Buat slide baru, klik New Slide

  • Klik Insert Picture From File untuk memasukkan gambar, lalu pilih gambar, klik Insert.

    Lalu pilih gambar, klik Insert.


  • Buat slide baru lagi, klik Insert Table untuk membuat tabel,

    Masukkan jumlah baris dan kolom.

  • Buat slide baru lagi, klik Insert Chart untuk membuat membuat diagram baru.

    Masukkan data tabel yang muncul.
  • Buat slide baru, klik Layout > Two Content, untuk membuat slide menjadi 2 kolom

  • Insert gambar animasi.

  • Untuk mengubah tampilan (theme) klik tab Design, pilih theme yang ada.

  • Untuk membuat efek transisi pada slide, klik tab Animations, lalu pilih efek transisi yang ada.

  • Jika menggunakan animasi untuk menampilkan pointer pada materi presentasi, klik Add effect > Entrance > Blinds. Kita bisa memasukkan efek sesuka kita dari pilihan yang ada.

Selasa, 20 Oktober 2009

FrontPage

Jalankan program Microsoft FrontPage.
Kita akan buat halaman contain untuk home website, yang berisi perkenalan dan foto. Ketik kata sambutan untuk pengunjung website.
Masukkan foto dalam sebuah tabel. Klik tab Table, lalu klik Insert > Table untuk membuat tabel baru. Buat tabel dengan 1 kolom dan 1 baris, atur juga lebarnya (width).

Buat satu folder khusus untuk menyimpan halaman website dan foto-foto yang akan kita masukkan. Masukkan foto, klik Insert > Picture > From File, lalu pilih foto yang ingin ditampilkan.

Ubah warna background, klik kanan pilih Page Properties. Pada tab Background, pilih backgorund sesuka kita.

Simpan halaman website, tekan Ctrl+S. Beri nama contain, klik Save.

Halaman contain sudah, selanjutnya kita buat halaman personal yang berisi data diri. Klik New Page.

Pertama buat tabel 3 kolom dan 7 baris, dengan cara yang sama seperti sebelumnya, Insert > Table. Lalu masukkan teks di dalam kolom, dan atur tabel dalam bentuk yang sesuai.

Buat teks bergerak, ketik teks, atur jenis font dan besarnya font.

Untuk membuatnya bergerak klik Insert > Web Component, pilih Marquee.

Atur teks dan arah pergerakannya, jika sudah klik OK.

Ubah juga warna background dan simpan dengan nama personal. Dengan cara seperti sebelumnya.

Selanjutnya kita akan membuat halaman selanjutnya, halaman education yang berisi profil pendidikan. Buka page baru, dengan satu kolom tabel. Buat juga teks berjalan dan ubah warna backgroundnya. Jika sudah simpan dengan nama education.

Selanjutnya membuat halaman baru lagi untuk hobbies yang berisi hobi dari musik, koleksi, nonton, dan makan. Buat tabel dalam bentuk 2 kolom. Masukkan juga teks bergerak, ubah warna background, lalu simpan dengan nama hobbies.

Setelah membuat halaman konten, akan kita buat bentuk headernya. Header hanya berisi teks berjalan berisi sambutan dengan warna background berbeda. Lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.

Selanjutnya akan membuat halaman untuk menu. Ada 4 menu konten yang sebelumnya sudah dibuat, contain, personal, education, dan hobbies. Buat dalam 1 kolom 4 baris seperti gambar.

Ubah warna background, dan masukkan link le dalam teks menu, agar jika link teks tersebut diklik akan menuju halaman isi website yang berbeda. Sorot teks yang akan diberi link, lalu klik Insert > Hyperlink.

Jika misalnya teks personal yang tadi kita dorot, maka pilih halaman isi web personal, seperti gambar. Lakukan hal yang sama untuk ke-4 menu yang ada.

Terakhir adalah menggabungkan header, menu, dan isi website. Kita akan gunakan frame. Buat halaman baru, klik File > New > Page or Web, lalu pilih Page Template.

Klik tab Frame Page, lalu pilih model frame yang ada, kita akan pilih yang terdapat header, menu, dan isi website. Klik OK.

Klik Initial Page pada bagian header, lalu pilih file header yang sudah kita buat. Begitu juga dengan menu. Dan juga untuk isi website

Senin, 05 Oktober 2009

Header, Footer, 2 Kolom, Masukin Gambar

Tugas selanjutnya adalah saya diberikan sebuah artikel Profil Perbanas, yang akan saya beri header, footer, ubah menjadi 2 kolom dan memasukkan gambar.

OK, dimulai aja. Let's Go!

1. Buka file word artikel.

2. Klik bagian atas (di atas judul) untuk memasukkan header. Lalu ketikkan header. Pada gambar, saya menuliskan nama dan mata kuliah diikuti.

3. Untuk Footer, klik bagian paling bawah, kemudian ketikkan teks-nya. Kali ini saya menuliskan Kampus Perbanas.

4. Nah, sekarang saya akan buat artikel tersebut menjadi 2 kolom. Saya sorot semua teks isi artikel, lalu klik Page Layout > Columns > Two.

5. Viola... tampilan artikel sudah berubah menjadi 2 kolom. Keren!

6. Selanjutnya, memasukkan gambar. Klik Insert > Picture.

7. Pilih gambar, lalu klik Insert. Sesuai dengan tugas, gambar yang saya masukkan adalah gambar kampus Perbanas.

8. Tada..! Gambar sudah masuk ke dalam artikel. OK, berarti tadi saya sudah bikin header, footer, bikin 2 kolom, dan memasukkan gambar. Selesai!

Sabtu, 03 Oktober 2009

Mail Merge

Mail Merge adalah salah satu fitur dari Microsoft Office yang memudahkan kita untuk membuat surat masal. Misalnya; saya akan membuat tentang "LAPORAN SURAT KETERANGAN PERKARA" dari Kesatuan Satpam Perumahan Pondok Indah.


1. Buka file yang akan di mail merge. Klik tab Mailings > Start Mail Merge > Letters.

2. Klik Select Recipients > Type New List.

3. Edit table data yang ada, klik Customize Columns.

4. Ubah nama (Rename), dan hapus data yang tidak diperlukan, sesuai dengan tabel.


5. Masukkan informasi pada tabel.


6. Klik New Entry, untuk data baru. Masukkan semua data. Jika sudah klik OK.


7. Simpan database yang baru saja dibuat.


8. Masukkan perintah mail merge pada dokumen. Sorot teksnya, lalu klik Insert Merge Field dan pilih apa yang akan diisi pada dokumen.


9. Hasilnya akhirnya kira-kira seperti ini:


10. Klik Preview Results untuk melihat hasil dari mail merge.


11. Klik tombol panah untuk melihat data yang ke-2 dan seterusnya.